Senin, 30 Desember 2013

Penyebab Komputer Sering Restart Sendiri

Sebagian Komputer sering restart sendiri antara lain sebagai berikut:

Processor Terlalu Panas
Processor yang panasnya terlalu lebih juga salah satu penyebab utama komputer menjadi hang dan sering restart sendiri. Penyebab terjadinya adalah:
kinerja kipas angin / fan / coller pendingin Processor yang sudah tidak optimal (misalnya macet karena debu)
  • Banyaknya debu yang menumpuk pada sirip-sirip Pendingin Processor.
  • Suhu ruangan tempat dmana komputer diletakkan yang memang panas.
  • Kipas angin / fan pada power supply yang mati atau tidak berputar.
  • Keringnya atau bahkan tidak adanya pasta yang merekatkan Processor dan Pendingin.
VGA Card Rusak
Komputer sering restart sendiri karena rusaknya bagian VGA Card yang terpasang pada slot AGP atau PCI  juga bisa menjadi penyebab. Biasanya VGA Card yang rusak pada bagian pendinginnya  akan terasa cepat panas dan sebaiknya mengecek komponen tersebut atau menlepasnya kalau tidak punya cadangan VGA Card.

Harddisk Bad Sector
Hardisk yang rusak atau bahkan terdapat bad sector didalamnya dapat juga menjadi penyebab komputer menjadi hang, muncul bluescreen of death atau komputer tidak bisa booting dan me-restart terus. Untuk mencegah dan mengatasi hal tersebut kita bisa menjalankan program scandisk dan defragmenter hardisk secara teratur dan pastikan selalu mematikan komputer dengan prosedur yang ada.

Power Supply Kekurangan Daya
Komputer sering restart juga bisa disebabkan menurunnya daya atau sudah tidak optimal pada Power Supply yang mensupply daya pada komputer. Jika  merasa curiga dengan performa Power Supply yang kita gunakan sebaiknya ganti bagian power Supply ini dengan Power Supply yang masih berfungsi dengan  baik dan sebaiknya menggunakan Power Supply dengan daya minimal 500 Watt.

Semoga Bermanfaat..!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar